PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IIIA DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KEBASEN BANYUMAS
Main Author: | UMI ROKHMAH, NIM. 1123310014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3182/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3182/2/UMI%20ROKHMAH_PENERAPAN%20METODE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3182/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA sebaiknya tidak hanya difokuskan pada pemberian pembekalan kemampuan yang bersifat teoritis saja, namun bagaimana agar pengalaman belajar yang dimiliki siswa senantiasa terkait dengan kehidupan yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu dibutuhkan proses pembelajaran yang mengaitkan antara materi atau topik pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa agar pembelajaran tersebut lebih bermakna, karena apa yang dipelajari dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh siswa. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “BagaimanaPenerapanMetodeEksperimenpadaPembelajaranIPAKelas IIIAdi MI Ma’arif NU KalisalakKebasenBanyumas?” Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan yang bersifatdeskriptif, yaitumetodepenelitian yang berusahamenggambarkandanmenginterpretasikanobjekapaadanya.Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode eksperimenpadapembelajaran IPA kelas IIIA di MI Ma’arif NU Kalisalak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles danHuberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Kelas IIIA di MI Ma’arif NU Kalisalak Kebasen Banyumas, terdapat beberapa kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran, siswa tidak merasa bosan, dan membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya. Penerapan Metode Eksperimen pada PembelajaranIPAKelas IIIAdi MI Ma’arif NU Kalisalak Kebasen Banyumas, sudah sesuai dengan teori yang ada.