UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TEKNIK KOMPUTER MIDA BAKII MA’ARIF RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: SULISTIANI, SULISTIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/317/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/317/2/Sulistiani_Upaya%20Guru%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20Dalam%20Meningkatkan%20Prestasi%20Belajar%20Siswa%20Mata%20Pelaj.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/317/
Daftar Isi:
  • Pencapaian kualitas pendidikan merupakan langkah yang harus dilakukan dengan usaha peningkatan kemampuan professional yang dimiliki oleh guru. Utamanya guru pendidikan agama Islam. Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Oleh karena itu, manusia merupakan kekuatan sentral dalam pembangunan, sehingga mutu dan sistem pendidikan akan dapat ditentukan keberhasilannya melalui peningkatan prestasi belajar siswa. Ilmu pengetahuan yang diperoleh dari proses pendidikan itu merupakan bekal penting bagi setiap orang untuk menjalankan kehidupan. Upaya guru dalam meningkatkan belajar siswa dirasakan sangatlah besar pengaruhnya terhadap tingkah laku anak didik. Untuk dapat mengubah tingkah laku anak didik sesuai dengan yang diharapkan maka perlu seorang guru yang professional yaitu guru yang mampu menggunakan seluruh komponen pendidikan sehingga proses belajar mengajar tersebut berjalan dengan baik.. Penelitian Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK TEKKOM MBM Rawalo dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan proses upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agam islam melalui kegiatan ekstra kurikuler,pembahasan soal-soal,peningkatan kualitas guru agama islam(KKG),metode pembelajaran. Setiap kegiatani dalam upaya meningkatkan prestasi belajar senantiasa dipengaruhi oleh faktor pendukung dang penghambat baik dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik). Demikian juga halnya dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK TEKKOM MBM. Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam,