PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG TUNAGRAHITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMPLB C YAKUT PURWOKERTO

Main Author: RIZKI TRISNAWATI, 1223308046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3161/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3161/2/RIZKI%20TRISNAWATI_PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20%20BAGI%20PENYANDANG%20TUNA%20GRAHITA%20DENGAN%20MENGGU2.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3161/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak tunagrahita untuk menangkap materi secara langsung sehingga diterapkanlah metode tanya jawab disaat pembelajaran berlangsung. Supaya siswa lebih mudah untuk mengingat materi yang sudah disampaikan oleh guru, serta mengembangkan kemampuan siswa dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh guru. Tujuandaripenelitianiniadalah untukmengetahuibagaimanapembelajaran agama di kelas VII. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah mengetahui pembelajaran agama di kelas VII SMPLB C Yakut Purwokerto yang menggunakan metode tanya jawab dan dalam menggunakan metode tersebut dsaat pembelajaran berlangsung dengan baik dan dilakukan setiap pembelajaran. Jenispenelitianyang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapanganyaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait dengan pembelajaran agama di kelas VII. Dan subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa.Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Penulismenggunakananalisis data teknik analisis yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang pembelajaran pendidikan agama islam bagi penyandang tunagrahita dengan menggunakan metode tanya jawab, bahwa dalam pembelajaran tersebut menggunakan metode tanya jawab supaya siswa lebih mudah untuk mengingat materi yang disampaikan, sebelum metode tanya jawab di terapkan metode cerita mengirirngi saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran guru selalu mengulang-ulang pertanyaan yang disampaikan, kemudian guru memantau siswa satu persatu dalam proses pembelajaran.Dan dalam proses pembelajaran berjalan baik, siswapun antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Karena siswa tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata.