GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS ISROFAH NIM. 102333011

Main Author: ISROFAH, 102333011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3132/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3132/2/ISROFAH_GAYA%20KEPEMIMPINAN%20KEPALA%20SEKOLAH%20DI%20MI%20MAARIF%20NO%201%20P.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3132/
Daftar Isi:
  • Sekolah merupakan sebuah organisasi pendidikan yang termasuk di dalamnya terdapat sebuah pemimpin sekolah atau sering kita sebut dengan kepala sekolah. Tugas dari seorang kepala sekolah selainsebagai manajer sekolah juga sebagai pemimpin sekolah. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus bisa membawa anggotanya agar dapat mencapai tujuan sekolah yang diharapkan. Hal ini yang menuntut kepala sekolah memiliki kepemimpinan yang baik karena salah satu daya dukung dari tercapainya tujuan sekolah adalah kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah. Setiap kepala sekolah memiliki gaya, karakteristik kepemimpinan yang berbedasesuai dengan suasana kerja dan lingkungannya. Suksesnya sebuah sekolah adalah tujuan yang harus dicapai oleh kepala sekolah. Karakteristik yang dimiliki kepala sekolah sangat mempengaruhi kepemimpinannya di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gayakepemimpinan kepala sekolah di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Gaya kepemimpinankepalasekolahmerupakansalahsatufaktorpenentupeningkatankinerja guru dankeberhasilanpendidikan di sekolah.Penelitianinibertujuanmendeskripsikangayakepemimpinankepalasekolahdalammeningkatkankinerja guru yang tercermindalampeningkatantentangtanggungjawab, disiplindankomitmen guru sebagaiindikatorkinerjanya. Denganmenggunakanmetodedeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulan data observasi, wawancara, studidokumentasi.Subjekpenelitianadalahkepalasekolahdan guru. Penelitianinimemberikankesimpulanmenunjukkanbahwa: (1) KepalaSekolah MI Ma’arif NU 1 Pagerajidalammeningkatkantanggungjawab guru sepertimenjunjungnilai-nilaikebersamaandanmensosialisasikanvisidanmisisekolahmenggunakangayakepemimpinandelegatifataudemokratissedangkanuntukmensosialisasikantatatertibdanperaturansekolah yang telahditetapkanmenggunakangayakepemimpinanintruktif, (2) KepalaSekolah MI Ma’arif NU 1 Pagerajidalammeningkatkandisiplin guru sepertiketepatanwaktuhadirkesekolahdenganjadwal yang telahditentukanmenggunakangayaintruktifsedangkanpembagiantugassecara fair sesuaidengankeahlianmasing-masingmenggunakangayakonsultasi, dan (3) KepalaSekolah MI Ma’arif NU 1 Pagerajidalammeningkatkankomitmen guru sepertikepalasekolahbersikapadildalampengambilantugasmaupunkesejahteraan yang berpedomankepadaregulasidan program menggunakangayakepemimpinandelegatifataudemokratis