PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK HURUF JAWA NGLEGENA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PASA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Tri Wahyuni, 1323310069 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3124/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3124/2/TRI%20WAHYUNI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20BAHASA%20JAWA%20MATERI%20POKOK%20HURUF%20JAWA%20NGLEGENA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3124/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuibesarnya peningkatan hasil belajar melalui penerapan strategi Index Card Match mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok huruf Jawa nglegena kelas III MI Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti mengambil data dari keseluruhan data yang ada yaitu siswa, adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode observasi,wawancara, dokumentasi, dan tes. Kemudian dianalisis dengan menggunakan anatara nilai ujian pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama dan juga siklus kedua hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa setelah mengadakan penelitian tindakan kelas, hasil belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok huruf Jawa nglegena menggunakan strategi Index Card Match kelas III MI Muhammadiyah Kebutuh mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil tes rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh 61,11 % dengan kriteria kurang sedangkan pada siklus II diperoleh 94,44% dengan kriteria baik.