EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP
Main Author: | WAFI UDAIBI, NIM. 1522605045 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3112/2/COVER_ABSTRAK_ABSTRACT_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3112/1/WAFI%20UDAIBI_EFEKTIVITAS%20KEPEMIMPINAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3112/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Namun demikian, keberhasilan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor kinerja guru. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, di antaranya kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk membuktikan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MAN Cilacap; (2) untuk membuktikan efektivitas supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Cilacap; dan (3) untuk membuktikan efektivitas kepemimpinan dan supervisi akademik kepala madrasah secara bersama-sama dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional, karena penelitian ini menentukan tingkat hubungan antar variabel-variabel yang berada dalam suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Cilacap yang berjumlah 54 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) variabel bebas, yaitu kepemimpinan kepala madrasah (X1), dan supervisi akademik kepala madrasah (X2); dan (2) variabel terikat, yaitu kinerja guru (Y) dengan teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan angket. Adapun teknik analisa datanya adalah menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji F atau uji nilai Signifikansi (Sig.), dengan ketentuan, jika Nilai Sig. < 0,05, maka model regresi adalah linier, dan berlaku sebaliknya. Sehingga hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kepemimpinan kepala madrasah efektif dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Cilacap; (2) supervisi akademik kepala madrasah efektif dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Cilacap; dan (3) kepemimpinan dan supervisi akademik kepala madrasah secara bersama-sama efektif dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Cilacap.