IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Marfungatun Istiqomah NIM. 1223305071
Main Author: | Marfungatun Istiqomah, 1223305071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3104/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3104/2/MARFUNGATUN%20ISTIQOMAH_IMPLEMENTASI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3104/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video kamera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi dan komputer. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran dapat membantu seorang guru dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran dan dapat menumbuhkan perbedaan dalam mengajar yang dilakukan sebelumnya. Untuk itu guru dituntut untuk bisa kreatif dalam mengolah media yang digunakan. Dari hasil penelitian di MI Negeri Wirasaba, guru sudah menggunakan media dalam setiap pembelajarannya termasuk dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran Bahasa Jawa di MI Negeri Wirasaba Kelas V Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pola fikir induktif. Hasil penelitian dari media pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V di MI Negeri Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga, yaitu seorang guru melakukan tahap persiapan sebelum melakukan pembelajaran dengan menyiapkan media yang dibutuhkan agar dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran serta memudahkan siswa untuk menerima materi. Setelah itu tahap pelaksanaan, yaitu seorang guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media yang sudah disiapkan, seperti LCD proyektor, buku ajar, slide, video/film pendek serta wayang kulit asli. Setelah tahap pelaksanaan itu selesai, guru mengadakan evaluasi dari penggunaan media untuk menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan serta efektif atau tidaknya media yang digunakan dalam pembelajaran.