EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANYUMAS
Main Author: | EkoMuktiPurwanto, 092338171 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3100/1/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3100/2/EKO%20MUKTI%20PURWANTO_EVALUASI%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20%20SMK%20NEGERI%202%20BANYUMAS%20KECMATA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3100/ |
Daftar Isi:
- Evaluasidalampendidikan Islam merupakancaraatauteknikpenilaianterhadaptingkahlakupesertadidikberdasarkanstandarperhitungan yang bersifatkomperhensifdariseluruhaspek-aspekkehidupan mental psikologisdan spiritual religiuspesertadidik (ArmaiArif, 2002: 53). Dalamduniapendidikantidakdikenaladanyastagnansi, semuanyamengenalperubahandansenantiasaberubahdarimasakemasa.Perubahankurikulumdarikurikulumberbasisisi(content based curriculum) kekurikulumberbasiskompetensi(competency based curriculum) atau yang sekaranglebihkitakenaldengankurikulum 2004.Perubahankurikuluminiberimbaskepadaperubahanparadigmadalamduniapendidikanbaikdarisegi proses pembelajaranyamaupun system penilainya. Perubahankurikulumtersebutmembawaimplikasiterhadapcara guru mengajar, memperlakukanpesertadidikmaupuncara guru dalammelakukan system penilaianterhadappesertadidik. Perubahanpenilaian yang dimaksudadalahpenilaiandaripendekatannormakepenilaian yang menggunakanacuankriteriaataustandar, yaituaspek yang menunjukanseberapakompetensi yang dimilikipesertadidikmenguasaimateri yang telahdiajarkan. Pergantiankurikulumdari KBK menjadi KTSP memungkinkanadanyaperubahansistemevaluasi. Paling tidak guru harusmempunyaipendukungdenganpersiapan yang matangdalam proses evaluasi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimana proses evaluasiPembelajaranPendidikan Agama Islam yang dilaksanakanoleh guru di SMK Negeri 2 Banyumas. Untukmencapaitujuantersebutpenulismengambilsubjekyaitu guru mata pelajaranpendidikan Agama Islam. Metode yang digunakandalampengumpulan data yaitumetodeobservasi, wawancara, dan dokumentasiuntukmenganalisa. Selanjutnya data yang terkumpulpenulisanalisisdenganmenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkualitatifdenganpolapikirinduktifuntukmendapatkansebuahkesimpulan. Dalammerencanakan program evaluasi guru Pendidikan Agama Islam didukungdengan lima aspekperencanaan, diantaranyatujuanevaluasi, menyusunkisi-kisisoal, menentukanbanyaksedikitsoal, penulisansoal dan penelaahansoal. Selainmerencanakan program evaluasi, guru Pendidikan Agama Islam jugamempunyaijenispengukurandalampenilaian. Adapun lima jenispengukurandalamevaluasi di antaranyadenganulanganharian, tes lisan, ulanganblok, tugaskelompok dan tugas individu. Jadiperosespengukuranevaluasi di atas yang bersumberpada lima aspektersebutdapatmengacupesertadidikdalammelaksanakanpengukuranevaluasi yang tujuannyaadalahmemperolehnilaievaluasipembelajaranPendidikan Agama Islam secarasignifikan.