PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL- IKHSAN BEJI KEDUNG BANTENG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | DIAN FEBRIYANTI, 1323301106 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3099/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3099/2/DIAN%20FEBRIYANTI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20MANDIRI%20SANTRI%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20AL%E2%80%93IKHSAN%20BEJI%20KEDUNG%20BANTENG%20KABUPATEN%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3099/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai –nilai luhur yang menjadi jati dirinya, yang diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhanya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkunannya. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya mendidik para santri mengenai pendididikan agama namun juga tempat dimana proses pengembangan keilmuan moral dan ketrampilan agar para santri memiliki kepribadian mandiri. Pentingnya kemandirian santri dapat dilihat dari situasi globalisasi yang secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi kehidupannya. Maraknya tindakan kriminal seperti pencurian remaja, kejahatan terhadap teman, perampasan, dan perusakan disekitar masyarakat kita merupakan akibat seseorang kurang mandiri dalam hidupnya. oleh karena itu diperlukanlah pendidikan karakter kemandirian santri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Proses Pendidikan karakter Mandiri Santri di Pondok Pesantren Al –Ikhsan Beji Kedung Banteng? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah ustad, ustadzah, pengurus pondok pesantren,santri. Teknis analisis data menggunakan tiga langkah yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Dari Penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri Santri di Pondok Pesantren Al – Iksan Beji Kedung Banteng Kabupaten Banyumas terlaksana dengan baik. Perancanaan dilakukan dengan memberikan teknis kegiataan kepada santri. Bentuk kegiatan Mandiri Santri yaitu Roan, aktivitas keseharian santri, Sunday Cooking Morning,Rizquna Loundry, Rizquna Koperasi, aspek – aspek kemandirian terlihat saat santri melakukan kegiatan.Dalam pelaksanaan proses pendidikan kemandirian santri pengurus menggunakan beberapa metode yaitu metode keteladanan, metode nasihat dan metode pembiasaan.