ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: AFIFAH, 1323301164
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/
ctrlnum 3071
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/</relation><title>ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH &#xD; KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP &#xD; TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>AFIFAH, 1323301164</creator><subject>2x7.3309 Kurikulum</subject><description>Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta fungsi pengecoh.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta fungsi pengecoh dengan rincian sebagai berikut. Secara validitas 36 butir soal yang valid, reliabilitas soal sebesar 0,621 berarti intrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas cukup, daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 27 butir soal, 15 butir soal termasuk kategori cukup, 7 butir soaltermasuk kategori baik, dan 1 butir soaltermasuk kategori negatif, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya 7 butir soal (14%) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf</identifier><identifier> AFIFAH, 1323301164 (2017) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>3071</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AFIFAH, 1323301164
title ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2017
isbn 9781323301166
topic 2x7.3309 Kurikulum
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/
contents Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta fungsi pengecoh dengan rincian sebagai berikut. Secara validitas 36 butir soal yang valid, reliabilitas soal sebesar 0,621 berarti intrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas cukup, daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 27 butir soal, 15 butir soal termasuk kategori cukup, 7 butir soaltermasuk kategori baik, dan 1 butir soaltermasuk kategori negatif, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya 7 butir soal (14%) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik.
id IOS3655.3071
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2017-10-20T00:28:10Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:03Z
recordtype dc
_version_ 1763141793501675520
score 17.538404