ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | AFIFAH, 1323301164 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/ |
ctrlnum |
3071 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/</relation><title>ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH 
KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>AFIFAH, 1323301164</creator><subject>2x7.3309 Kurikulum</subject><description>Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta fungsi pengecoh.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta fungsi pengecoh dengan rincian sebagai berikut. Secara validitas 36 butir soal yang valid, reliabilitas soal sebesar 0,621 berarti intrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas cukup, daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 27 butir soal, 15 butir soal termasuk kategori cukup, 7 butir soaltermasuk kategori baik, dan 1 butir soaltermasuk kategori negatif, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya 7 butir soal (14%) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf</identifier><identifier> AFIFAH, 1323301164 (2017) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>3071</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AFIFAH, 1323301164 |
title |
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH
KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2017 |
isbn |
9781323301166 |
topic |
2x7.3309 Kurikulum |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/2/AFIFAH_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20KELAS%20X%20MAN%20DI%20KABUPATEN%20CILACAP%20TAHUN%20P.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3071/ |
contents |
Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta fungsi pengecoh.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta fungsi pengecoh dengan rincian sebagai berikut. Secara validitas 36 butir soal yang valid, reliabilitas soal sebesar 0,621 berarti intrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas cukup, daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 27 butir soal, 15 butir soal termasuk kategori cukup, 7 butir soaltermasuk kategori baik, dan 1 butir soaltermasuk kategori negatif, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya 7 butir soal (14%) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik. |
id |
IOS3655.3071 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-10-20T00:28:10Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:49:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141793501675520 |
score |
17.538404 |