PENANAMAN NILAI KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BAGI ANAK USIA DINI SISWA TK B DI KELOMPOK BERMAIN MUTIARA HATI PURWOKERTO
Main Author: | Arining Tias Saputri, NIM: 1223301100 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/307/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/307/2/ARINING%20TIAS%20SAPUTRI_PENANAMAN%20NILAI%20KEMANDIRIAN%20DAN%20KEDISIPLINAN.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/307/ |
Daftar Isi:
- Masa anak usia dini merupakan masa yang paling tepat untuk meletakan dasar pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan fisik,kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, moral, agama, konsep diri, disiplin diri, dan kemandirian. Maka dari itu penting jika sejak usia dini perlu ditanamkan nilai kemandirian dan kedisiplinan. Skripsi ini mengkaji tentang penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutira Hati Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini yang di lakukan pada Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto terutama bagi siswa TK B karena melihat pada usia ini yaitu usia 5-6 tahun tingkat kemandirian dan kedisiplinan jauh lebih baik di bandingkan dengan usia di bawah ini. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang termasuk jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan, mengamati, menggambarkan, penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. Data-data yang digunakan dalam skripsi ini adalah dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara hati Purwokerto melalui kegiatan-kegiatan yang di dalamnya ditanamkan nilai kemandirian dan kedisiplinan seperti mandiri dan disiplin saat berangkat sekolah, mandiri dan disiplin saat masuk kelas, mandiri dan disiplin kertika membaca iqra, mandiri dan disiplin saat mengikuti kegiatan pagi ceria, mandiri dan disiplin ketika pembiasaan ibadah, mandiri dan disiplin saat kegiatan belajar mengajar, mandiri dan disiplin saat istirahat, dan mandiri dan disiplin saat pulang.Adapun Metode yang digunakan dalam penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan adalah metode nasehat, metode diskusi, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode tasywiq (teaching and motivate),dan metode mendidik melalui kisah. Kata Kunci: Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan, Anak Usia Dini.