MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO
Main Author: | Evi Yuneti, NIM. 1323301253 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3062/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3062/2/EVI%20YUNETI_MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20BERPRESTASI%20AKADEMIK%20TINGGI%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3062/ |
Daftar Isi:
- Motivasi belajar merupakan daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar. Siswa yang mempunyai motivasi belajar akan mencapai hasil yang optimal atau nilai yang tinggi daripada siwa yang lain. Siswa yang berprestasi akademik tinggi adalah siswa yang berhasil dalam mata pelajaran dengan skor hasil tes terbaik di antara siswa lain di kelas serta melampaui nilai batas kriteria minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi serta faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa yang berprestasi.Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, motivasi belajar siswa yang berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ada dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.Siswa yang mempunyai motivasi intrinsik ditandai dengan keinginan siswa untuk menguasai materi Pendidikan Agama Islam, keinginan siswa untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari siswa yang lain, dan keinginan siswa mencapai cita-cita atau tujuan yang ingn dicapai.Sedangkan siswa yang mempunyai motivasi ekstrinsik dikarenakan adanya penghargaan dari pihak sekolah atau guru. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya adanya cita-cita, adanya kebutuhan, adanya penghargaan, adanya sifat rasa ingin tahu,kepercayan diri, faktor fisik, sosial media, orang tua, lingkungan dan guru.