STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN BERMAIN QARYAH THAYYIBAH DESA PAMIJEN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Nurul Aniati, NIM. 1223301127
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/304/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/304/2/Nurul%20Aniati_Strategi%20Pendidikan%20Karakter%20Religius%20Pada%20Anak%20Usia%20Dini%20di%20Taman%20Bermain%20Qaryah%20Th.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/304/
Daftar Isi:
  • Manusia yang berkarakter adalah manusia yang religius. Oleh karena itu, pendidikan karakter pada anak usia dini memegang peranan yang sangat penting yang akan mewarnai perkembangan pribadinya secara keseluruhan. Terlebih khusus karakter religius, karena untuk melaksanakan pendidikan karakter religius pada anak usia dini memerlukan strategi yang sesuai, agar mudah diterima anak. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pendidikan karakter religius pada anak usia dini di Taman Bermain Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai strategi pendidikan karakter religius di Taman Bermain Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru, dan Siswa Taman Bermain Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), model atau penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pendidikan karakter religius pada anak usia dini di Taman Bermain Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas berorientasi pada sistem secara menyeluruh dan terintegrasi. Pendidikan dilaksanakan oleh dan merupakan tanggungjawab dari seluruh warga sekolah, yaitu Kepala Sekolah, guru, semua karyawan dan para siswa dan wali murid sekaligus. Strategi pendidikan karakter religius dilaksanaan dengan menggunakan 5 strategi yaitu penciptaan suasana religius, internalisasi nilai, keteladanan, pembiasaan, dan pembudayaan. Kata kunci: Strategi, Pendidikan Karakter Religius pada Anak Usia Dini, dan Taman Bermain Qaryah Thayyibah Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas