Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Shalat Dhuha Di MI Ma’arif NU Pakuncen Kabupaten Purbalingga

Main Author: SiswaAminudin, 1223305099
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3039/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3039/2/SISWA%20AMINUDIN_PENGEMBANGAN%20KARAKTER.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3039/
Daftar Isi:
  • Masa kanak-kanak adalah masa emas. Oleh karena itu, maka wajar saja jika dalam aktifitas mereka sehari-hari diperlukan perhatian yang lebih agar ketika dewasa menjadi berkarakter. Karakter merupakan sesuatu yang ada dalam diri sebagai salah satu ciri-ciri individu itu sendiri. Agar seseorang mempunyai karakter yang baik maka perlu di perhatikan sedini mungkin. Nilai-nilai agama Islam sangat berpengaruh bagi perkembangan karakter, terutama karakter religius.Dalam agama Islam terdapat dasar nilai-nilai religius meliputi meliputi Nilai ibadah, Ruhul Jihad Nilai Akhlak dan Kedisiplinan, Nilai keteladanan. Shalat merupakan manivestasi hubungan antara makhluk dengan Tuhannya, sehingga terjalin kesadaran sebagai seorang hamba. Melalui ibadah shalat dhuha inilah menjadiwadah dalam menanamkan pengembangan karakter religiusdi sekolah. sehinggapersoalan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengembangan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha di MI Ma’arif NU Pakuncen? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode yang penulis gunakan ada dua yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermen yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Setelah pencarian data dengan berbagai metode tadi sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pengembangan karakter religius yang di lakukan di MI Ma’arif NU Pakuncen adalah melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha yang dikerjakan oleh peserta didik serta para guru. Sedangkan nilai-nilai religius yang diperoleh meliputi Nilai ibadah, Ruhul Jihad Nilai Akhlak dan Kedisiplinan, Nilai keteladanan, tercermin dalam beberapa tindakan siswa seperti meneladani, sikap, sifat, dan kepribadian baik yang dicontohkan oleh kakak kelas dan guru.