PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI AL HASAN KARANGGEDANG KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Novita Nurhidayati, 1323305107
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3038/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3038/2/NOVITA%20NURHIDAYATI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20RELIGIUS%20DI%20MI%20AL%20HAS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3038/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Menurunnya kualitas moral dalam kehidupan manusia di Indonesia ini terutama dikalangan siswa, menuntut diselenggarakannya pendidikan karakter. Degadrasi moral yang terjadi akhir-akhir ini membuat pemerintah harus mengambil langkah tepat dengan memasukan pendidikan karakter religius melalui kurikulum pendidikan nasional. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pendidikan karakter religius di MI Al Hasan Karanggedang Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanapendidikan karakter religius di MI Al Hasan Karanggedang Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan juga siswa. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah pendidikan karakter religius siswa-siswi MI Al Hasan Karanggedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter Religius di MI Al Hasan Karanggedang Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang merujuk dari pendapat Thomas lickona, yaitu moral knowing,moral feeling, dan moral action. Beberapa bentuk kegiatanpendidikan karakter religius di MI Al Hasan Karanggedang, yaitu membiasakan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, senyum, salam, sopan dan santun (4S), sholat duha, sholat duhur berjamaah, infaq jum’at, membaca asmaul husna, BTA, hafalan suratan pendek, mendoakan serta menjenguk teman yang sakit, sholat jenazah, menyelenggarakan PHBI (Maulid Nabi, Pesantren kilat), serta kegiatan ekstra hadroh.