PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN ENERGI MENGGUNAKAN ALAT MUSIK AKUSTIK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 2 KASEGERAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017.

Main Author: Zakaria Muhammad NurMajid, 1323310073
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3015/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3015/2/ZAKARIA%20MUHAMMAD%20NUR%20MAJID_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3015/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kasegeran yang dilatar belakangi pada pembelajaran pra siklus materi perubahan energi bunyi peserta didik di kelas tersebut dari jumlah 12 orang hanya ada 5 orang yang tuntas atau 41, 67 % sedangkan yang tidak tuntas ada 7 orang atau 58,33 %. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik di kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kasegeran belum mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan pada mata pelajaran IPA, yaitu 70, maka dari itu penulis melakukan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tempat penelitian ini adalah MI Muhamamdiyah 2 Kasegeran dimana peneliti bertugas dan mengajar di madrasah ini. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV semester II pada pokok bahasan perubahan energi bunyi menggunakan alat musik akustik melalui metode eksperimen. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) denganmenggunakan model KemmisdanMc Taggart yang menggunakansiklus. Model penelitianiniterdiriatas 4 (empat) langkah, yaitu :rencana, tindakan, observasi, danrefleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan di kelas IV MI Muhammadiyah 2 Kasegeran pada pokok bahasan perubahan energi bunyi menggunakan alat musik akustik melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini terbukti dengan adanya perubahan yang signifikan mulai dari pembelajaran pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Hal ini terbukti dengan dicapainya nilai Pada siklus I, nilai rata-rata ulangan harian pada siklus I yang mencapai nilai 75 dengan taraf seraf sebesar 66,67 % atau 8 peserta didik yang telah tuntas sedangkan yang 4 peserta didik lainnya atau 33,33 % belum bisa dikatakan tuntas. Pada siklus II,nilai rata-rata ulangan harian pada siklus II mencapai 85,83 dengan taraf serap mencapai 91,67 % atau 11 peserta didik yang telah tuntas dalam pembelajaran mata pelajaran IPA sedangkan yang 1 peserta didik lainnya atau 8,33 % belum bisa dikatakan tuntas.