KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Main Author: Nina Aulya Setyaningsih, 1323305100
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3011/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3011/2/NINA%20AULYA%20SETYANINGSIH_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20DAN%20PROFESIONAL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3011/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional seorang guru. Dimana dari observasi pendahuluan di peroleh data bahwa seluruh guru tergambarkan telah memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan yang disimpulkan. Akan tetapi substansi pedagogik prestasi siswanya di MI Ya Bakii Kuripan belum menunjukkan sesuatu yang menonjol. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Sumber data yang penulis gunakan adalah kepala madrasah dan guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Dari berbagai sumber data tersebut penulis gali dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan bahan-bahan informasi secara tertulis tentang keadaan sekolah dan informasi lain yang terkait dengan penelitian ini. Setelah penulis melakukan analisis terhadap data yang berhasil penulis kumpulkan, penulis memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Kompetensi pedagogik guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sudah dimiliki oleh hampir semua guru. Yaitu dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan, memahami peserta didik, mengembangkan kurikulum/silabus, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, memanfaatkan teknoogi pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Hanya ada beberapa komponen yang belum dimiliki oleh beberapa guru seperti dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran. Karena guru masih sering menggunakan media yang tersedia saja seperti LKS dan buku materi. 2. Kompetensi profesional guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sudah dimiliki oleh semua guru dengan baik. Hal ini dapat dilihat ketika menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam dan memiliki kemampuan dalam menangani dan mengembangkan berbagai bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya.