PENERAPAN METODE DRILLDALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARABPADA KELAS V DI MI YAPPI PLANJAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | ADI PANCORO, 1223305003 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2987/1/ADI%20PANCORO_PENERAPAN%20METODE%20DRILL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2987/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2987/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas Vdi MI YAPPI Planjan, adalah kelas yang sudah menerapkan metode drilldalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Dengan menggunakanMetodeDrilltersebut, siswaakanlebihmudahuntukmenghafalkosa kata dandapatmenguasaimateripembelajarandengancepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Drill dalam PembelajaranKosakata Bahasa Arab pada kelas V di MI YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017 apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode drill untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan(fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode drill. Objek dalam penelitian ini adalah metode drilldalam pembelajaranKosakataBahasaArabpada kelas V MI YAPPI Planjan. Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menerapkan metode drilldi MI YAPPI Planjan meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab menggunakan metode drill serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian penerapan metode drill tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan pesertadidiklebihaktifdantermotivasidalammengikuti proses pembelajarannya.