IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MTs MA’ARIF MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Khabib Ashidiq, 1323301116 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2973/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2973/2/KHABIBI%20ASHIDIQ_IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2973/ |
Daftar Isi:
- Implementasi adalah suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberi dampakbaik berupa pengetahuan, keterampilan,serta nilai dan sikap. Pendidikan karakter religius adalah proses transformasi nilai-nilai agama untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan orang itu.Agama memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat, serta menjadi suatu yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu yang dapat menuntun kehidupan. Oleh karena itu implementasi pendidikan karakter religius memiliki kedudukan sangat penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikanimplementasi pendidikan karakter religius pada siswa MTs Ma’arif Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenispenelitian iniadalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitianadalahgurudansiswa.Penelitiandilaksanakanpada bulanjuni 2017.Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudiandata dianalisisdenganmenggunakanmodelMillesandHuberman.yaitureduksidata,display data,danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius pada siswa MTs Ma’arif Minhajut Tholabah adalah melalui program pengembangandiriyang terdiridarikegiatan-kegiatanrutindi madrasah meliputi (kegiatan rutin harian, mingguan, dan tahunan),kegiatanspontanyang dilakukangurupada siswa, keteladanan yang diberikanguru,danpengkondisiansekolahyang diciptakan sedemikianrupa.Kemudian implementasimelaluimatapelajaran rumpun pendidikan agama Islam dan mata pelajaran umum. Selanjutnya melaluibudayasekolahyang terdiridari budayayangadadikelas, sekolah, dan luar sekolah.