PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI COKROAMINOTO LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Dwi Indah Putri W, NIM : 1223305026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2971/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2971/2/DWI%20INDAH%20PUTRI%20W_PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20JIGSAW%20PADA%20PEMBELAJARAN%20IPA%20DI%20KELAS%20V%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2971/
Daftar Isi:
  • Penerapan jigsaw merupakan konsep belajar yang membantu guru mengasah pemahaman materi siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara siswa dengan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kelompok diskusi. Oleh karena itu maka penerapan jigsaw dirasakan sangat penting dalam kaitan dengan menumbuhkan kebersamaan dan rasa tanggung jawab dalam pembelajaran IPA di sekolah/madrasah. Dalam kelas Penerapan jigsaw tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Maksudnya, guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis penerapan strategi pembelajaran IPA dengan jigsaw pada siswa kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya. Penelitian yang dilakukan ini termsuk jenis penelitian lapangan atau filed research dengan jenis penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing atau verification.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penerapan pembelajaran jigsaw terlihat dari pemilihan metode yang sesuai dengan tujuan serta kesesuaian dengan elemen-elemen pembelajaran kooperatif jigsaw seperti saling ketergantungan positif, interaksi tatap muka, akuntabilitas individual, ketrampilan menjalin hubungan antarindividu. Hal ini menunjukan bahwa MI Cokroaminoto Lemahjaya telah berhasil menerapkan pembelajaran jigsaw untuk menjadikan siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.