IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DIMTsMUHAMMADIYAHPURWOKERTOBANYUMAS

Main Author: AMALIA TUSSOLIKHA, 1323302080
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2969/1/AMALIA%20TUSSOLIKHA_IMPLEMENTASI%20MODEL%20PEMBELAJARANCONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20%28CTL%29%20DALAM%20PEM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2969/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2969/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dibimbing dalam membangun pengetahuan, berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekadar menghafal, mencatat, dan mendengarkan, akan tetapi belajar adalah proses pengalaman yang bermaknadan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Muhammadiyah Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas VII. Dalam memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data, penulismenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Muhammadiyah Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran CTL. Namun dalam proses pelakasanaanya dari 7 komponen pembelajaran yang meliputi konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik, hanya 5 komponen pembelajaran yang baru diterapkan. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan model CTL dalam pembelajaran bahasa Arab adalah adanya sikap profesional guru yang selalu berusaha mengaktifkan siswa dalam belajar, minat belajar siswa yang tinggi, dan susana belajar yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya, latar belakang siswa yang berbeda satu sama lain, dan kurangnya fasilitas dan sumber belajar yang memadai. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Model Kontekstual