PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SD NEGERI 2 SAAWANGAN KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS
Main Author: | Dwiyoga Apriyatin, 1323301152 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2960/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2960/2/DWIYOG%20APRIYATIN_PENGARUH%20POLA%20ASUH%20ORANG%20TUA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2960/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dari kesadaran bahawa Peran orang tua dalam lingkungan keluarga menduduki peran penting dalam membimbing anak memenuhi kebutuhan dasar spiritualnya. Namun pada kenyataanya dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya secara sadar, tetapi juga terkadang secara tidak sadar banyak orang tua tidak bisa menjadi teladan bagi anak, sehingga anak kehilangan figur yang positif untuk dicontohnya dan berusaha mencari identitas diluar rumah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sehingga menyebabkan perkembangan kebermaknaan dimensi spiritual yang tidak optimal dalam diri anak, hal ini mengakibatkan anak menjadi kehilangan pegangan hidup, cenderung kehilangan keimanan, dan mudah putus asa (hopeless). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola asuh yang diterapkan orang tua siswa, 2) tingat kecerdasan spiritual siswa, dan 3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif untuk meneliti pada sampel atau populasi tertentu. Sampel penelitian ini adalah 96 responden yang terdiri dari kelas tinggi (IV, V, dan VI). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan rumus regresi linear. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) seluruh orang tua dari siswa kelas tinggi SD Negeri 2 Sawangan Kecamatan Ajibarang Banyumas menerapkan pola asuh otoritatif,2) Presentase tingkat kecerdasan spiritual siswa yaitu: 10,42% siswa tergolong kecerdasan spiritual tinggi, 76,04% siswa tergolong kecerdasan spiritual sedang, dan 13,54% siswa tergolong kecerdasan spiritual rendah.3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,316.Artinya besar pengaruh variabel X (pola asuh orang tua) terhadap variabel Y (kecerdasan spiritual) adalah sebesar 31,6%.”