MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (STUDI TENTANG PEMANFAATAN LAMPION METAMORFOSIS UNTUK PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKUNCEN KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP)

Main Author: DitaWulandariWidianti, 1323305072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2956/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2956/2/DITA%20WULANDARI%20WIDIANMTI_MEDIA%20PEMBELAJARAN%20SAINS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2956/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah pada umumnya masih di dominasi dengan pembelajaran konvensional, di mana guru hanya menerapkan metode ceramah dan disertai tanya jawab dengan siswa, tanpa menggunakan media pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA siswa dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran yang berlangsung, serta pembelajaran yang berlangsung dapat lebih efektif, efisien dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media merupakan segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Media Pembelajaranadalahsebuahalat yang berfungsidandapatdigunakanuntukmenyampaikanpesanpembelajaran. Metamorfosisadalahtahapperubahanbentuk yang dialamihewansejakmenetassampaimenjadihewandewasa. Dalampenelitianini, penelitimenggunakanjenispenelitianfield researchyaitupenelitian yang dilakukansecaralangsungke Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Teknikpengumpulan data yang penelitilakukanyaitumelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi. Dalammenganalisis data penelitimenggunakananalisis data kualitatifdenganmenggunakanmetodetriangulasihdanmelaluitahapreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Dalampenelitianini, data penelitidiperolehdariwalikelas IV C dan guru-guru Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Dan darianalisis yang penelitilakukansetelahmelakukanpenelitianpembelajarandenganmemanfaatkan media lampion metamorfosis pada pelajaran IPA kelas IV, penelitimelakukanwawancaradengan guru yang ada di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Dalamwawancaratersebutdiperolehhasildaribeberapa guru yang ada di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekunce, Bapakwalikelas IV C membuat lampion metamorfosisdenganmemanfaatkan media pembelajarandalam proses kegiatanbelajarmengajar yang merupakanteknikpengumpulan data. Denganmenggunakan media tigadimensi lampion metamorfosistermasukmenggunakan media bendakonkrit (nyata).