PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Umi Nur Azizah, 1323302051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2951/2/UMI%20NUR%20AZIZAH_PENERAPAN%20STRATEGI%20EKSPOSITORI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2951/3/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2951/ |
Daftar Isi:
- Strategi ekspositori sebagai salah satu strategi yang digunakan dalam rangka meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Karena, melalui metode ekspositori guru aktif, kreatif, inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa mudah menerima serta dapat mengungkapkan kembali apa yang telah disampaikan guru. Fokus utama strategi ini adalah akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi ekpositori dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberkan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi ekpositori dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat, telah berjalan dengan baik. terlihat antusiasme siswa dalam proses belajar mengajar. Strategi ekpositori digunakan dalam setiap proses belajar mengajar melalui empat keterampilan berbahasa diantaranya: keterampilan mendengar (maharotul istima’), keterampilan berbicara (maharotul kalam), keterampilan membaca (maharotul qiro’ah), keterampilan menulis (maharotul kitabah) serta dalam menyampaikan keempat maharoh tersebut guru menggunakan beberapa metode diantaranya metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab serta metode diskusi.