KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR KANUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Arfin Fawzi Hidayatullah, NIM.:102338130 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/294/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/294/2/ARFIN%20FAWZI%20HIDAYATULLAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20NEGERI%20KARANGANYAR%20KECAMATAN%20KARANGANYAR%20KABUPATEN%20PURBALINGGA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/294/ |
Daftar Isi:
- Kompetensi Profesional guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan yang harus dihayati oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi profesional guru berhubungan erat dengan seorang tenaga pendidik karena mereka adalah figur yang langsung berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan juga peserta didik. Tujuan penlitian yang penulis lakukan adalah Untuk mendapatkan informasi tentang Kompetensi Profesional Guru Rumpun PAI di MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar Purbalingga.. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian lapangan yaitu sebuah penelitian yang bersinggungan langsung dengan obyek, yakni guru rumpun PAI yang ada di MTs Negeri Karanganyar. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana dalam penelitian ini diperoleh data dari orang-orang ataupun perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis data Model Miles dan Huberman. Langkah-langkahnya adalah yang pertama peniliti melakukan reduksi data, yang kedua peneliti melakukan penyajian data setelah mendapatkan data dari lapangan, yang ketiga penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan guru pada MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, dari jumlah guru PAI yang ada yakni sebanyak delapan orang, enam diantaranya telah memenuhi standar kualifikasi akademik sedangkan dua guru PAI yang lainnya belum memenuhi kualifikasi akademik yang dipersyaratkan. Diantara enam orang yang telah memenuhi Standar Kualifikasi Akademik terdapat satu guru yang dari kualifikasi akademik tidak sesuai dengan bidang keilmuan yang diampu serta satu guru yang belum sesuai kualifikasi akademik belum menyelesaikan Diploma IV atau Strata I. Namun apabila dilihat dari kepemilikan sertifikat pendidik yang didapatkan melalui sertifikasi guru dalam jabatan guru rumpun PAI di MTs Negeri Karanganyar sudah dikatakan memilki kompetensi profesional. Dalam hal kompetensi profesional, guru rumpun PAI MTs Negeri Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dalam melaksanakan pengajaran mengacu pada kompetensi profesional, hal tersebut didasarkan data yang menunjukkan relevansinya terhadap kompetensi profesional. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Guru Rumpun PAI.