HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Dezi Pramushinta, 132330808
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2911/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2911/2/DEZI%20PRAMUSHINTA_HUBUNGAN%20ANTARA%20DISIPLIN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2911/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Dengan prestasi yang diraih oleh seseorang dapat dilihat seberapa besar kuantitas pengetahuan yang dimilikinya. Prestasi belajar dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan siswa dalam belajarnya. Dalam setiap mengikuti proses pembelajaran di sekolah sudah pasti setiap peserta didik mengharapkan mendapat prestasi belajar yang baik, sebab prestasi belajar yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuannya. Prestasi belajar yang baik hanya dicapai melalui proses belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 3 Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi untuk menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Disiplin belajar terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, artinya semakin tinggi disiplin belajar maka prestasinya akan lebih baik, hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi disiplin belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,625. (2) Disiplin belajar terbukti mempengaruhi prestasi belajar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,391, artinya variabel ini dapat mempengaruhi prestasi belajar sebesar 39,1%. (3) Siswa kelas V SD Negeri 3 Pekaja memiliki kategori kecenderungan disiplin belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang cukup yaitu sebesar 57,2% dan katagori kecenderungan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang yaitu sebesar 57,15%.