Daftar Isi:
  • Pemilihan strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, juga harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik peserta didik, serta situasi atau kondisi di mana proses pembelajaran berlangsung. Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, tetapi tidak semua sama efektifnya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran Fiqih adalah strategi pembelajaran aktif (active learning), dengan berbagai variasi tipe pembelajaran aktif, di antaranya: Knowledge Sharing, Everyone Is A Teacher Here, Critical Incident, Reading Aloud dan Small Group Discussion. Menurut penulis, strategi tersebut sudah dilaksanakan dengan baik. Misalnya, pada penerapan strategi Small Group Discussion yang telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran Fiqih, siswa dapat belajar untuk berani mengeluarkan ide-idenya, percaya diri untuk menyampaikan pendapat, menghargai pendapat orang lain, dan belajar mengendalikan diri agar tidak mudah emosi. Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Fiqih ini terbukti dapat meningkatkan aktifitas, motivasi dan kreatifitas siswa. Siswa tidak mudah bosan sehingga kegiatan pembelajaran Fiqih menjadi menyenangkan, dapat lebih efektif dan lebih bermakna bagi siswa.