Daftar Isi:
  • Latar Belakang penelitianiniadalah bahwa di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu madrasah yang terdapat ekstrakulikuler bernama “MatsanaKaranganyar Arabic Club”. Ekstrakulikulerinidiadakansebagaiwadahpengembanganmuhadatsahuntuksiswadansiswi di MTs NegeriKaranganyar yang inginberlatihberbicaradenganbahasa Arab yang dilatiholeh guru bahasa Arab. dengan adanya kegiatan tersebut guru dituntut untuk mempunyai ketrampilan dalam berbahasa Arab. Sehingga guru bahasa Arab perlu melakukan upaya dalam meningkatkan kualitas dirinya sebagai guru bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) sumber datanya adalah guru baasa arab sebagai data primer (data utama) dan kepala madrasah sebagai data data skunder (data pelengkap). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa upaya-upaya yang dilakukan guru bahasa Arab MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan profesionalisme guru bahasa Arab melalui dua cara yaitu kegiatan mandiri dan kegiatan kelompok. kegiatan mandiri, meliputi: membaca buku, mengakses internet, melanjutkan studi, diskusi dengan teman, dan membuat persiapan mengajar. Sedangkan kegiatan kelompok, meliputi mengikuti kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), mengikutsertakan guru bahasa Arab penataran/workshop, dan serta kegaiatan penyegaran. Upaya lain yang dapat dilakukan yaitu dengan pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses pembelajaran.