IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARATBANYUMAS

Main Author: Nuryan Mamah, NIM: 1523301006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2868/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2868/2/NURYAN%20MAMAH_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2868/
Daftar Isi:
  • Strategi pembelajaran yang terpusat pada guru, atau yang lebih dikenal dengan strategi pembelajaran tradisional hanya akan mengembangkan sisi kognitif peserta didik. Sedangkan mengajar haruslah dapat mengembangkan seluruh pribadi peserta didik, yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu yang dapat dilakukan adalah penggunaan strategi pembelajaran aktif. Dengan belajar aktif berarti mereka secara aktif menggunakan otak untuk memunculkan ide dan mengembangkan kreatifitasnya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Peserta didik juga diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan dan kepastian yang nyata mengenai implementas strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan infomasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dandukumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan medel Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction(reduksi data), data display (penyajian data), Conclusion Drawing/ Verification (PenarikanKesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran aktif yang digunakan adalah Reading guide (Panduan membaca), Index Card Match (Mencari Pasangan), True Or fase(Benar atau Salah),Card sort (Sortir Kartu), The Study Group (Kelompok Belajar). Implementasi strategi pembelajaran aktif tersebut sudah tepat, karena sudah sesuai dengan materi pelajaran dan keadaan atau kondisi peserta didik, terlihat dari keantusiasan peserta didik saat mengikuti pembelajaran.