Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field-research) dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah koordinator BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta lulusan tahun 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa SMA Negeri 1 Purwokerto menerapkan manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik. Dibuktikan dalam hal perencanaan, SMA Negeri 1 Purwokerto melalui beberapa tahap diantaranya asesmen kebutuhan, aktivitas mendapatkan dukungan unsure lingkungan sekolah, menetapkan dasar perencanaan, penyusunan program tahunan, dan penyusunan program semesteran.Tahap pelaksanaan juga berjalan sesuai dengan program layanan khusus BK, salahsatupelaksanaanlayanankhusus BK adalah pelaksanaan strategi pengontrolan persaingan peserta SNMPTN dalam lingkup sekolah meliputip engumpulan data nilaidanprestasi, analisis data, proses bimbingan dan konseling. Tahap evaluasi, terdapat beberapa proses yaitu penyusunan rencana evaluasi, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, kemudian proses terakhir adalah pengambilan keputusan dan rekomendasi.