IMPLEMENTASI PROGRAM BINA DIRI DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS

Main Author: ESTRIA SOLIHATUN NURJANNAH, 1323308074
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2838/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2838/2/ESTRIA%20SOLIHATUN%20NURJANNAH_IMPLEMENTASI%20PROGRAM%20BINA%20DIRI%20DALAM%20PENANAMAN%20NILAI%20AGAMA%20ISLAM%20UNTUK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2838/
Daftar Isi:
  • Manusia dengan kelainan mental (mental retardation)atau biasa disebut dengan tunagrahita adalah manusia yang membutuhkan pelayanan khusus untuk dapat hidup mandiri selayaknya manusia normal lainnya. Program Bina diri sebagai program khusus untuk sekolah luar biasa merupakan manifestasi dari kepedulian terhadap tunagrahita. Program ini berupa pembelajaran yang materinya berisi panduan melakukan kegiatan sehari-hari. SLB ABCD Kuncup Mas merupakan sekolah luar biasa yang menyisipkan nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran Bina Diri sangat membantu siswa untuk dapat hidup mandiri dan berperilakui islami.Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian mengenai implementasi program bina diri dalam penanaman nilai agama Islam untuk siswa penyandang tunagrahita di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas dengan tujuan agar dapat menunjukkan bahwa ada terobosan dalam menanamkan nilai agama Islam yaitu melalui program Bina Diri yang telah diaplikasikan oleh SLB ABCD Kuncup Mas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan tergolong kedalam penelitian Kualitatif deskriptif. Adapaun dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pada analsisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Bina Diri di SLB ABCD Kuncup Mas sudah sangat baik dengan kurikulum yang terprogram dan menggunakan buku pedoman yang memadai. Dan implementasinya dalam penanaman nilai agama Islamsangat bermanfaat bagi siswa tunagrahita untuk dapat hidup lebih layak, dan berperilaku islami dalam segala aktivitasnya.