Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Matematika Kelas I MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Riezky Wahyu Aprielyani, NIM.13233310022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2828/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2828/2/RIEZKY%20WAHYU%20APRIELYANI_STRATEGI%20PAIKEM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2828/
Daftar Isi:
  • Strategi PAIKEM adalah suatu pendekatan mengajar yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan dengan baik sehingga proses pembelajaraan menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Matematika adalah suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang unsur-unsurnya yaitu logika dan intuisi, analisis dan konstruksi, generalitas dan individualitas serta mempunyai cabang-cabang antara lain aritmatika, aljabar, geometri dan analisis. Jadi, strategi PAIKEM dalam pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan yang dikemas agar proses pembelajaran matematika menjadi menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Fokus pada penelitian ini adalah: bagaimana penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran matematika kelas I MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah guru kelas I, kepala madrasah dan semua siswa-siswi MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul.Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran matematika di kelas I. Dalam kegiatan ini, dilakukan melalui 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan.