Implementasi Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA Kelas I di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas
Main Author: | Evi Safitri, NIM. 1323310041 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2823/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2823/2/EVI%20SAFITRI_IMPLEMENTASI%20METODE%20MIND%20MAPPING%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20KELAS%20I%20DI%20MI%20MUHAMMADIYAH%20KARANGLEWAS%20KIDUL%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2823/ |
Daftar Isi:
- Melihat betapa pentingnya peran IPA dalam kehidupan manusia, bahkan masa depan suatu bangsa, maka sebagai seorang pendidik yang mengajarkan dasar-dasar IPA merasa terpanggil untuk senantiasa berusahaa meningkatkan mutu mata mata pelajaran IPA dan hasil belajar IPA. Mind mapping adalah pemetaan pikiran atau peta pikiran yang memanfaatkan pengingat-pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan di dalam otak. Proses belajar mengajar dengan metode mind mapping dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari oleh siswa dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru IPA kelas I, siswa kelas I, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar implementasi metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA dan kreatifitas siswa kelas I MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih bersemangat dan mudah menghafal materi pelajaran. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa implemetasi metodemind mapping pada mata pelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas I di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru memvariasikan metode mind mapping dengan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK, KD serta kondisi siswa. Dalam pembelajaran, guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.