UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: TutiAliatulMubarokah, 1323301198
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2811/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2811/2/TUTI%20ALIATUL%20MUBAROKAH_UPAYA%20PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20%20MEMBACA%20DAN%20MENGHAFAL%20AL-QUR%E2%80%99AN%20PADA%20SISWA%20DI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2811/
Daftar Isi:
  • Al-Qur’an ialah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW.Untuk mampu memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup yang benar maka sebagai orang Islam mereka harus mampu untuk membaca Al-Qur’an terlebih dahulu.Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya membaca Al-Qur’an.Demi mencapai itu semua, mereka rela mengeluarkan biaya untuk menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang Al-Qur’an secara intensif sejak dini.Namun, fenomena yang terjadi membuktikan bahwa anak-anak jaman sekarang sudah enggan pergi ke Taman Pendidikan Al-Qur’an, masjid untuk mengaji dan belajar Al-Qur’an. Mereka mulai terpengaruh tekhnologi seperti televisi, handphone, internet yang menyebabkan mereka lebih suka terhadap menyanyikan lagu-lagu yang tidak mengandung manfaat daripada melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dil akukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa melalui program Qiroaty (tahsin) dan Tahfidz Qur’an. Kata Kunci: Upaya, Kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an