PEMBINAAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM OLEH GURUMELALUI BUDAYA RELIGIUS PADA SISWA DI MAN PURWOKERTO2 KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | FaoziLatif, 1323301026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2810/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2810/2/FAOZI%20LATIF_PEMBINAAN%20NILAI-NILAI%20AGAMA%20ISLAM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2810/ |
Daftar Isi:
- Masalahmendasar yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah adalah hasil pelaksanaan pendidikan agamakurang opimal karena pendidikanagamadirasakansebagai pengajaran yang kurang menyentuhaspek sikap dan perilaku dan pembiasaan. Dan untuk menanamkan nilai-nilai dalam menunjang peningkatan mutu dan kualitas pendidikan agar dapat menghujam kepada peserta didik sangat sulit dan itu memerlukan pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari disekolah. Kegiatan pembiasaan tersebut akhirnya membentuk sebuah budaya yang disebut dengan budaya religius. Pembinaan nilai-nilai agama Islam oleh guru melalui budaya religius pada siswa ini adalah tentang bagaimana proses pembinaan, cara, usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efektif yang mencakup sistem akidah, ibadah dan akhlak dengan bimbingan kepada manusia yang mengatur hidup dan dalam semua aspek kehidupanya oleh guru melalui budaya religius atau pembiasaan-pembiasaan keagamaan pada siswa yang akan dapat membentuk kepribadian atau karakter muslim yang baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MAN Purwokerto 2. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiridari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pembinaan nilai-nilai agama Islam oleh guru melalui budaya religius pada siswa di MAN Purwokerto 2 terealisasikan dengan baik melalui pembinaan yang dilakukan oleh guru melalui pembiasaan-pembiasaan keagamaan yang sudah terjadwal dan terstruktur dengan baik. Yang didalamnya terdapat tiga macam pembinaan yakni pembinaan aqidah, pembinaan ibadah dan pembinaan akhlak.