INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Nurbaeti, 1323301100
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2782/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2782/2/NURBAETI_INTERNALISASI%20NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20AL-IKHLAS%20BEJI%20KECAMATAN%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2782/
Daftar Isi:
  • Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan proses memasukan nilai-nilai pendidikan agama Islam secara penuh ke dalam hati, supaya ruh dan jiwa dapat bergerak berdasarkan ajaran agama Islam. Dalam rangka menjadikan manusia beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian yang mantap serta tumbuhnya rasa tanggung jawab dan kebangsaan. Selain itu, Al-Ikhsan Beji merupakan pondok pesantren yang menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Hal tersebut melatarbelakangi skripsi ini. Tujuan penulisan skripsi ini adalah bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji? dan Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang di internalisasikan di pondok Al-Ikhsan Beji? Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam. Sumber data penelitian ini adalah pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti mengunakan tiga tahap yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles Hubermant yaitu berupa data reducation, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji, menggunakan metode yang dilaksanakan yaitu metode pendidikan dengan keteladanan (uswatun hasanah), metode pendidikan dengan adat kebiasaan, metode pendidikan dengan nasehat, metode pendidikan dengan pengawasan, dan metode pendidikan dengan hukuman. Metode diaplikasikan dalam beberapa kegiatan berupa shalat lima waktu berjamaah, shalat tahajud, kegiatan setoran membaca al-Qur’an, menghafal al-Qur’an Juz 30, berzikir rutin setiap harinya, kegiatan pementasan drama dan peringatan hari besar Islam. Dan nilai-nilai pendidikan Islam yang di internalisasikan di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji yaitu nilai kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, tanggungjawab, kebahagiaan, kerja sama, kerendahan hati, kejujuran, kesederhanaan dan kebebasan. Serta menggunakan tahap-tahap internalisasi. Tahap tersebut meliputi tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai.