ManajemenPesertaDidikdalamPembentukanKarakter di KelasIntensiv SMP MasyithohYayasanMiftahul Huda KroyaCilacap
Main Author: | Muslikhatun, 1423402058 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/2/MUSLIKHATUN_MANAJEMEN%20PESERTA%20DIDIK%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20KARAKT.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/ |
Daftar Isi:
- Penelitianiniberangkatdarifenomenadegradasi moral yang dewasainimelandaanak-anakdanremaja yang mayoritaspelajar.Kemerosotaniniadalahtanggungjawabbersamaseluruhkomponenbangsa.OlehsebabituYayasanMiftahul Huda KroyaCilacapkhususnyalembagapendidikannyayaitu SMP Masyitohberkewajibanberperanaktifdalammemberikantawaransolusi, yaitudalambentukmanajemenpesertadidikdalampembentukankarakterkhususnyakelas intensive. Jenispenelitian yang digunakanpenelitiadalahpenelitiankualitatif, yaitupenelitian yang dilakukanpadakondisi yang alamiah(natural setting).Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi. Data yang terkumpuldaritekniktersebutdianalisisdenganmenggunakanreduksi data, penyajian data, danverifikasi data (penarikankesimpulan). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) manajemenpesertadidikdalampembentukankarakter di mulaidari proses penjaringansiswabaru PPDB yaitudenganmelaluitesseleksibaiktertulis, praktekmaupunwawancara . 2) Adapunmanajemenpesertadidikberbasispesantrendalampembentukankarakterdimulaidariperencanaanbaikperencanaankurikulum, pengelolaan, guru/pendidik, dansiswa. Sedangdalamtahappelaksanaannyadengancaramengintegrasikankeseluruhmatapelajaran, mengintegrasikankedalamkegiatansehari-haridanmengintegrasikankedalam program sekolah. Dan tahapselanjutnyayaitupengawasandanevaluasi, dilakukandenganmemberlakukankartukredit point sebagaipengontrolperilakusiswasekaligusevaluasibagipesertadidik yang indisiplinerberikutsangsi-sangsi yang diberlakukansebagaiupayatindaklanjut.