ManajemenPesertaDidikdalamPembentukanKarakter di KelasIntensiv SMP MasyithohYayasanMiftahul Huda KroyaCilacap

Main Author: Muslikhatun, 1423402058
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/2/MUSLIKHATUN_MANAJEMEN%20PESERTA%20DIDIK%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20KARAKT.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2773/
Daftar Isi:
  • Penelitianiniberangkatdarifenomenadegradasi moral yang dewasainimelandaanak-anakdanremaja yang mayoritaspelajar.Kemerosotaniniadalahtanggungjawabbersamaseluruhkomponenbangsa.OlehsebabituYayasanMiftahul Huda KroyaCilacapkhususnyalembagapendidikannyayaitu SMP Masyitohberkewajibanberperanaktifdalammemberikantawaransolusi, yaitudalambentukmanajemenpesertadidikdalampembentukankarakterkhususnyakelas intensive. Jenispenelitian yang digunakanpenelitiadalahpenelitiankualitatif, yaitupenelitian yang dilakukanpadakondisi yang alamiah(natural setting).Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi. Data yang terkumpuldaritekniktersebutdianalisisdenganmenggunakanreduksi data, penyajian data, danverifikasi data (penarikankesimpulan). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) manajemenpesertadidikdalampembentukankarakter di mulaidari proses penjaringansiswabaru PPDB yaitudenganmelaluitesseleksibaiktertulis, praktekmaupunwawancara . 2) Adapunmanajemenpesertadidikberbasispesantrendalampembentukankarakterdimulaidariperencanaanbaikperencanaankurikulum, pengelolaan, guru/pendidik, dansiswa. Sedangdalamtahappelaksanaannyadengancaramengintegrasikankeseluruhmatapelajaran, mengintegrasikankedalamkegiatansehari-haridanmengintegrasikankedalam program sekolah. Dan tahapselanjutnyayaitupengawasandanevaluasi, dilakukandenganmemberlakukankartukredit point sebagaipengontrolperilakusiswasekaligusevaluasibagipesertadidik yang indisiplinerberikutsangsi-sangsi yang diberlakukansebagaiupayatindaklanjut.