IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI BUDAYA KENTONGAN DAN TARI DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK BANYUMAS

Main Author: Siti Nur Asiyah, 1323305071
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2761/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2761/2/SITI%20NUR%20ASIYAH_IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2761/
Daftar Isi:
  • Persoalanpentingnyapendidikankarakterdalamsistempendidikannasionalbelakanganiniseringdiangkatsebagaitopikbahasan di berbagai seminar nasionalpadaumumnya, sekaligusberisikritikterhadappendidikan yang selamainilebihmengutamakanpengembangankemampuanintelektualakademisdankurangmemperhatikanaspek yang sangat fundamental, yaknipendidikankarakter (watak).PendidikanKaraktermerupakanusaha yang dapatdilakukanuntukmempengaruhikaraktersiswaatausuatuusaha yang disengajauntukmembantuseseorangsehinggadapatmemahami, memperhatikandanmelakukannilai-nilaietik yang inti. Penelitian inimerupakan penelitian yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Lokasi penelitian inidilakukan di MI Negeri Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, pengampu ekstrakurikuler dan peserta didik.Objek penelitian adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni budaya kentongan dan tari untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Metodepengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Metodeanalisisyang digunakanadalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasilpenelitian menunjukan bahwa MI Negeri Watuagung merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya mengmplementasikanpendidikankarakter, kegiatan yang terdapatdalamekstrakurikulersenibudayakentongandantari di MI NegeriWatuagungberhasilmembentukbeberapanilai-nilaikarakterpadapesertadidik. Hasil data observasidaricatatansaatmelaksanakankegiatanekstrakurikulerini,adapunnilai karakter yang terbentukanatar lain: NilaiTanggungjawab, Disiplin, PedulidanKerjasama, PercayaDiri, Kreatif, KerjaKerasdanPantangMenyerah. Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan diluar jam pelajaran. Terdapat tiga komponen yang menjadi acuan pelaksanaan program yaitu komponen perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi.