Daftar Isi:
  • Strategi pembelajaran adalah pola-pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Strategi ini ditempuh oleh guru dalam pembelajaran dimaksudkan agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga apabila pemebelajaran yang efektif dan efisien telah terlaksana maka tujuan pembelajaran menjadi lebih mudah untuk dicapai. Dan apabila tujuan pembelajaran tersebut telah tercapai maka pembelajaran tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran tersebut telah berhasil dilakukan. Penelitianini membahas mengenai penerapan Strategi Pembelajaran pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Ma’arif NU I Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi pembelajaran apa yang digunakan dalam pemelajaran Sejarah Kebudayaan islam (SKI) di MTs Ma’arif NU I Kemranjen kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian lapangan(Field Research). Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, danferifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemeblajaran pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sudah berjalan dengan baik dan efektif. Adapun beberapa stratgei pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaranadaempat, yaitu Strategi Pembelajaran Ceramah, Strategi Pembelajaran Diskusi Kelompok, Strategi Pmebelajaran Peta Konsep, Strategi Pembelajaran Card Short. Yang dari masing-masing strategi tersebut memiliki langkah-langkah yang berbeda, namun tujuan pada akhirnya tetap sama, yaitumencapai target tujuanpembelajaranSejarahKebudayaan Islam (SKI)