LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMA NEGERI BANYUMAS
Main Author: | Alvi Khasanatin, 1223103026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2754/1/ALVI%20KHASANATIN_LAYANAN%20KONSELING%20INDIVIDU%20DALAM%20MENINGKATKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2754/2/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2754/ |
Daftar Isi:
- Konselingindividuadalahkuncidarisemuakegiatanbimbingandankonseling,dimana proses konseling individual merupakanrelasiantarakonselordenganklien, jugamerupakanhubungankonseliatauklienuntukmenemukansumberdirisendirimaupunsumberdariluardirinya, baikdarilembagaatausekolahdanmasyarakatdalamupayamencapaiperkembagandanpenyesuaian yang optimal, sesuaidengankemampuanya. Melaluilayanankonselingindividusiswadiajakuntukdapatmengambarkandirinyadanmemahamidiridanlingkunganyauntukmencapaikeberhasilandalammewujudkanpengembanganpotensinya. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuiperencanaan, pelaksanaandanevaluasimetodelayanankonselingindividudalammeningkatkankemandiriansiswa di SMA NegeriBanyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiriatas 3 alurkegiatan yang berlangsungbersamaan, yaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalayanankonselingindividudalammeningkatkankemandiriansiswa di SMA NegeriBanyumasdilakukandenganbeberapatahapan, yaitu (1) TahapAwalmeliputiidentifikasisiswa, mengaturwaktupertemuan, danmempersiapkanfasilitaslayanan; (2) Tahappelaksanaan, meliputisiswadipanggildansiswamemenuhipanggilan, dalamhalinimencakupmenerimasiswadanmembangunhubungan, identifikasimasalah, membahasmasalahsiswadenganmenggunakanteknik, mendorongpengentasanmasalahsiswa, memantapkankomitmensiswa, danmengakhirikonseling; (3) Tahapakhirmeliputievaluasijangkapanjangdanjangkapendek. Evaluasijangkapendekdilakukanbeberapaharisetelahberakhir proses konseling, sedangkanevaluasijangkapanjangdilakukandenganpemantauanperkembangansiswa. Padatahapakhirjugadilakukantindaklanjut, yaitudenganmelakukanpengamatandanpengawasan, baiksecaralangsungmaupuntersembunyi, sertapelaporandalambentuklaporanpelaksanaan.Siswa yang mengikutilayanankonselingindividusemakinmeningkatkemandirianbelajarnya, ditandaidengan: (1) siswasudahbisaberinteraksidenganbaik; (2) siswalebihyakindalamberpendapat, caraberkomunikasisemakinlancar; (3) siswamampumemberikankesandanpesan yang sesuaidenganmaterilayanan; (4) siswamenunjukanantusias yang tinggiselamapelaksanaanlayanan.