PENERAPAN METODE AISAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS
Main Author: | Fathonatul Munawaroh, NIM: 1323301215 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2749/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2749/2/FATHONATUL%20MUNAWAROH_PENERAPAN%20METODE%20AISAR%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20SD%20ISLAM%20DARU.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2749/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang skripsi ini berangkat dari melihat banyaknya anak yang sudah dapat membaca Al-Qur’an, tetapi belum benar dalam makharijul huruf dan hukum bacaannya. Setelah melihat siswa SD Islam Darul Falah Tambak yang sudah baik dalam pelafalah huruf, walaupun belum dapat membaca Al-Qur’an secara lengkap, membuat peneliti tertarik untuk meneliti metode yang digunakan dan penerapannya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode belajar Aisar merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode Aisar ini menekankan cara Talqin, yaitu guru melafalkan contoh-contoh bacaan dihadapan murid untuk ditiru, selanjutnya murid membaca latihan-latihan di bawahnya dengan pantauan dan bimbingannya. Metode Aisar ini disusun oleh Ustadz Abu Hamid Fauzi bin Isnain. Metode Aisar terdiri dari Juz 1 sampai Juz 4. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Aisar dilakukan dengan tiga kegiatan, yaitu: 1) Kegiatan awal, dalam kegiatan ini guru memotivasi siswa untuk semangat belajar Al-Qur’an, 2) Kegiatan inti, dalam kegiatan ini guru menggunakan cara klasikal dan individual, serta beberapa metode yang mendukung pembelajaran, 3) Kegiatan penutup, kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir dari pembelajaran menggunakan metode Aisar, dalam kegiatan ini guru memberikan evaluasi bacaan siswa dan menilai tugas yang diberikan kepada siswa.