PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI MERGAWATI 01
Main Author: | Triyan Witasari, 1223305112 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2741/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2741/2/TRIYAN%20WITASARI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20DALAM%20PEMBEL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bangun datar menggunakan media benda konkrit pada siswa kelas III SD Negeri Mergawati 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Mergawati 01 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 19 siswa laki – laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun datar. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi sesuai dengan standar isi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas III SD Negeri Mergawati 01 menggunakan media benda konkrit berupa alat peraga bangun datar dan sedotan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa materi bangun datar sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Peningkatan nilai rata-rata yaitu dari prasiklus sebesar 53,7 siklus I sebesar 61,5 dan pada siklus II menjadi 85 pada rentang skor nilai 0-100. Presentase ketuntasan pada siklus I yaitu 56%, dan siklus II mencapai 94%. Hasil terakhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas III SD Negeri Mergawati 01 Tahun Ajaran 2017/2018.