PENDIDIKAN TAUHID PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK -KANAK AL-QUR’AN (TKQ) AL-MUKHLISHIIN SUGIHWARAS KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG
Main Author: | FANDI AKHMAD, 1323301143 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2730/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2730/2/FANDI%20AKHMAD_PENDIDIKAN%20TAUHID%20PADA%20ANAK%20USIA%20DINI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2730/ |
Daftar Isi:
- Tauhid merupakan pondasi bangunan agama Islam. Agar pondasi bangunan agamanya kuat. Maka menanamkan tauhid sangatlah penting bagi anak usia dini. Anak usia dini sebagai anak-anak yang baru tumbuh adalah laksana sebidang tanah yang diatasnya siap didirikan suatu bangunan Hal ini dimaksudkan agar tidak didahului oleh ajaran-ajaran lain yang bertentangan dengan akidah. Pendidikan tauhid bertujuan untuk mengesakan Allah. Allah adalah mencipta, mengatur serta tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Dan pada seluruh nama-Nya yang melekat pada Zat-Nya. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan tauhid pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKQ) Al-Mukhlishiin Sugihwaras Pemalang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan pemasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai pendidikan tauhid pada anak usia dini di TKQ Al-Mukhlishiin Sugihwaras Pemalang. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru/Ustadzah. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan tauhid pada anak usia dini di TKQ Al-Mukhlishiin melalui tiga tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Pada tahap perencanaan dibuat mulai dari pengajar, program, sarana dan prasarana, pemilihan program tahunan, semesteran, mingguan dan harian. Pada tahap pelaksanaan, pendidikan tauhid dilakukan melalui kegiatan rutinitas, kegiatan terintegrasi, dan kegiatan khusus. Sedangkan pada tahap penilaian. Penilaian dilakukan setiap hari dan terus-menerus oleh semua ustadzah tanpa terkecuali. Adapun bentuk penilaian hasil adalah portofolio, pengamatan, dan catatan anekdot. Terdapat perbedaan dalam pelaksanakan pendidikan tauhid antara kelas pagi dan kelas siang.