PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Main Author: ATIN SETIASIH, NIM, 1323305001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2722/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2722/2/ATIN%20SETIASI_PENGARUH%20KONDISI%20SOSIAL%20EKONOMI%20KELUARGA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor keluarga guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Khususnya faktor kondisi sosial ekonomi keluarga siswa. Orang tua yang memiliki keadaan ekonomi yang baik akan mudah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, sehingga anak termotivasi untuk semangat belajar yang menyebabkan prestasinya meningkat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar anak di MI Muhammadiyah Mujur Lor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif, survey. Lokasi penelitian ini adalah di MI Muhammadiyah Mujur Lor. Objek penelitian ini yaitu kondisi sosial ekonomi keluarga dan prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 54 keluarga siswa yang terdiri dari kelas II, III dan IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa, atau bisa dikatakan pengaruhnya sangat kecil yaitu hanya sebesar 3,9%. Hal tersebut kemungkinan disebabkan adanya faktor lain yang pengaruhnya lebih besar yaitu sebesar 96,1% selain dari kondisi sosial ekonomi keluarga, diantaranya seperti: perhatian orang tua, motivasi dari orang tua, serta karakteristik peserta didik dan lain sebagainya.