PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN IBADAH SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: Ulfa Nurul Sangadah, 1223301162
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2695/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2695/2/ULFA%20NURUL%20SANGADAH_PERAN%20GURU%20PENDIDIKAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2695/
Daftar Isi:
  • Peran guru dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan ibadah merupakan suatu tangguang jawab guru maupun orang tua dalam mendidik anak agar terbiasa menaati dan mematuhi peraturan dan ketentuan ibadah yang telah ditetapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran yang dilakukan secara kontinue dan bertahab sehingga akan tertanam kuat dalam diri seseorang. Karena pada dasarnya tidak hanya guru lah yang bertugas mendidik siswa akan tetapi orang tua lah yang mempunyai tanggung jawab besar dalam mendidik putra-putrinya agar memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang di harapkan dan menjadi insan islami yang sesungguhnya. Maka dari itu siswa perlu adanya arahan dari berbagai pihak baik keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitar. Karena itulah penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana peran guru PAI dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan ibadah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga?” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dan penelitian ini di golongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala sekolah, Siswa dan Orang Tua siswa. Objek penelitiannya adalah kedisiplinan ibadah kelas XI IPA. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran sebagai inspirator, informator, pembimbing, dan motivator. Sedangkan orang tua berperan sebagai pendidik, motivator dan pembimbing. Dan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan ibadah siswa kelas XI IPA yaitu dengan cara keteladanan (contoh), membiasakan hal-hal yang baik melalui disiplin yang terintegrasi untuk mengembangkan dan mempertahankan peraturan dan tata tertib, memberikan motivasi dan terapi realitas dengan sikap positif dan tanggung jawab, menghukum dan memberi konsekuensi-konsekuensi logis dan alami untuk menegakkan kedisiplinan.