IMPLEMENTASIMETODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU 02 TANGKISAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | ALIFAH NURAENI, 1323305129 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2693/1/ALIFAH%20NURAENI_IMPLEMENTASI%20METODE%20EDUTAINMENT%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPS%20DI%20MI%20MAARIF%20NU%2002%20TANGKISA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2693/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2693/ |
Daftar Isi:
- Perencanaan yang dirancang atau didesain dengan baik dan matang tidak mungkin dan mustahil akan melenceng atau tidak sesuai dengan rancangan, karena implementasi ini telah di rencanakan sangat matang, seperti metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum yang sudah tersusun rapi. Disini guru harus kreatif dalam memilih metode yang akan digunakan, metode yang bisa membuat peserta didik bersemangat, antusias, dan terhibur dalam mengikuti pembelajaran. Bukan menjadikan peserta didik terbebani dan menjadikan pembelajaran sebagai momok yang menakutkan. Dengan begitu peserta didik bisa mendapatkan pengetahuan dengan baik dalam mengikuti pembelajaran dengan nyaman dan mampu menjadikan pengetahuan tersebut sebagai bagian dari kehidupan mereka. Implementasi Metode edutainment adalah rancangan yang telah dijalankan sepenuhnya dengan cara yang dibuat sedemikian rupa dalam pembelajaran yang membuat para siswa aktif dan nyaman ketika belajar di kelas. Demikian pula dalam pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan yang dibuat senyaman mungkin melalui metode edutainment sehingga materi dapat tersampaikan dengan menyenangkan. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Metode Edutainment dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 ?” Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian adalah kepala sekolah guru kelas dan siswa MI Ma’arif NU 02 Tangkisan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Metode Edutainment dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan dilakukan dengan memberikan pembelajaran yang mampu membuat siswanya nyaman dan senang mengikuti pembelajaran IPS. Karena dalam pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan guru telah menggunakan macam-macam metode yaitu: Active learning, melalui metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab, selain itu guru juga menggunakan metode SAVE (Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual), humanizing the classroom, quantum learning, quantum teaching, dan role playing.