PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI WI KEBARONGAN BANYUMAS
Main Author: | ANGGIRA PURWI DWI SAPUTRI, 1323305039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2683/1/ANGGIRA%20PURWI%20DWI%20SAPURTI_PENGARUH%20STRATEGI%20KOOPERATIF.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2683/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2683/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan strategi pembelajaran konvensional pada mata matematika di MI WI Kebarongan kurang membuat siswa aktif. Akibatnya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Salah satu strategipembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan siswa dalampembelajaran matematika yaitu strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Strategi pembelajaran kooperatifini dapat membuat siswaberpartisipasi aktif sebab selama pembelajaran siswa saling bekerja sama dalamsuatu kelompok. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamentlebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional? Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhsiswakelas V MI WI Kebarongan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan(fildresearch) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen Control Group Experiment yang diterapkan dalam control group pretest and posttest design.Analisis data menggunakan ujiLilliefors untuk menguji normalitas data, dan ujiindependent sample t-test untuk uji homogenitas dan uji hipotesis karena sampel berdistribusi normaldan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Instrumen prestasi belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yangtelah diuji validitas dan reliabilitasnya Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis N Gain diperoleh rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,53 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol sebesar 0,29, dan berdasarkan perhitungan hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional kelas V di MI WI Kebarongan Banyumas.