Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 di MI MuhammadiyahKaranglewas Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Dita Nur Pangestu, 1223305025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2665/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2665/2/DITA%20NUR%20PANGESTU%20_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20%28CTL%29%20PADA%20MATA%20PELAJAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2665/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya perolehan hasil belajar siswa pada umumnya di sebabkan oleh strategi yang digunakan oleh guru kurang tepat dan bervariasi begitu juga dalam implementasinya. Salah satu strategi yang umum digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dimana strategi tersebut mampu membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi mata pelajaran IPA dengan strategi contextual teaching and learning (CTL) siswa kelas IV MI MuhammadiyahKaranglewas. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan atau filed research dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing atau verification. Hasil penelitian Implementasi strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI MuhammadiyahKaranglewasmenunjukan bahwa strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) telah cukup baik pelaksanaannya dan menunjukan peningkatan hasil belajar yang cukup baik terlihat dari nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai diatas KKM. Implementasi strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI MuhammadiyahKaranglewastelah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi, dengan langkah pembelajaran yang meliputi komponen – komponen strategiContextual Teaching and Learning (CTL) yaitu: kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik