IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN SIAPA CEPAT TEPAT DIA DAPAT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI MIN PEKUNCEN KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | EVA MARLINA, 1323305114 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2652/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2652/2/Eva%20Marlina_IMPLEMENTASI%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN%20SIAPA%20CEPAT%20T.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2652/ |
Daftar Isi:
- Evaluasi merupakan proses yang dilakukan oleh guru untuk mengukur dan menentukan hasil yang dicapai siswa yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Jadi evaluasi Siapa Cepat Tepat Dia Dapat pada mata pelajaran matematika merupakan suatu hal yang yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menyerap materi yang telah diberikan oleh guru dalam setiap pembelajaran, baik dalam aspek kogitif, aspek afektif dan psikomotor. Evaluasi Siapa Cepat Tepat Dia Dapat merupakan hasil inovasi proses mengevaluasi peserta didik yang dilakukan melalui games, untuk menghidari proses pembelajaran yang monoton dalam memberikan pendalaman materi, serta untuk membiasakan siswa disiplin serta tepat waktu dalam mengerjakan soal. Atas dasar ini penulis melakukan pengalaman lapangan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran Siapa Cepat Tepat Dia Dapat pada mata pelajaran matematika kelas VI di MIN Pekuncen Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reserch). Karena dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus yang menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan data yang jelas serta mendalam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan keterangan bahwa evaluasi pembelajaran Siapa Cepat Tepat Dia Dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kompetensi dasar telah dicapai oleh siswa atau belum. Dalam proses perencanaan tujuan dan prosedur evaluasi dilakukan sama dengan evaluasi pada umumnya hanya proses pelaksanaannya yang berbeda. Akan tetapi evaluasi Siapa Cepat Tepat Dia Dapat juga digunakan untuk menghilangkan momok menakutkan dari mata pelajaran matematika. Siapa Cepat Tepat Dia Dapat maksudnya adalah siapa yang cepat dalam mengerjakan lalu tepat dalam menjawab maka dia yang dapat (penambahan nilai, reward).