Daftar Isi:
  • Bedasarkan hasil penelitian, permasalahan yang sering dialami siswa ketika pelaksanaan pembelajaran salah satunya adanya peningkatan nilai siswa dalam materi pembelajaran. Permasalahan pada skripsi ini adalah bagaimana efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran tematik kelas I di MI Ma’arif NU 2 Pancasan Ajibarang Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran media gambar terhadap prestasi belajar siswa Kelas I MI Ma’arif NU 2 Pancasan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sempel penelitiannya adalah kelas I A dan Ib MI Ma’arif NU 2 Pancasan. Analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji independent sample t-test karena hasil posttest tidak berdistribusi normal sehingga untuk menguji perbedaan dua rerata posttest digunakan uji statistik non parametrik uji Mann-Whitney. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan media gambarlebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil posttest kelas eksperimen 89,75 dan kelas kontrol 68,75. Sedangkan hasil uji t data N Gain diperoleh nilai signifikansi ,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa media gambar lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik.